Powered by Blogger.

Topologi Jaringan

Topologi Jaringan dalam kemajuan sistem informasi akuntansi dalam hal penggunaan informasi yang  Teknologi informasi mencakup komputer mainframe, mini komputer, mikro komputer, perangkat lunak, database, jaringan, internet, intranet, electronic commerce dan lainnya. Untuk menggunakan, mengevaluasi dan mengembangkan Sistem Infomasi Akuntansi yang modern, seorang akuntan harus mengenai teknologi informasi.

Topologi Jaringan

1. Efek Tehnologi Informasi dalam Sistem Informasi Akuntansi
             Banyak manfaat yang didapat apabila suatu sistem informasi akuntansi di suatu perusahaan menggunakan komputer, yaitu :
  • Proses transaksi dan data lainnya lebih cepat.
  • Tingkat keakuratan dalam menghitung dan membandingkan data lebih tinggi.
  • Biaya dalam memproses setiap transaksi lebih rendah.
  • Persiapan laporan dan output laiinya lebih tepat waktu.
  • Tempat penyimpanan data lebih ringkas dan dapat dengan mudah didapat apabila diperlukan.
  • Pilihan yang lebih luas dalam memasukkan data dan dalam memberikan output.
  • Memberikan tingkat produktifitas lebih tinggi bagi karyawan maupun manajer dalam tanggung jawab rutin dan pengambilan keputusan.

2. Konsep Jaringan dan Pertimbangannya.
           Di dalam perusahaan modern, umumnya lokasi operasi perusahaan lebih dari satu dan letaknya berjauhan. Pada saat sebelum jaringan komunikasi berkembang, komunikasi antar lokasi dilakukan dengan menggunakan surat, telepon atau melalui kurir, yang mana tentunya informasi akan menjadi lama dan keputusan menjadi terhambat. Pada saat ini perusahaan sudah menggunakan sistem komunikasi data yang sangat memudahkan bagi para manajer maupun karyawan perusahaan untuk berkomunikasi dengan divisi atau bagian lain perusahaan yang ada di lokasi yang jauh posisinya. Jaringan komunikasi ada dua jenis yaitu :
  • Wide Area Networks (WAN), adalah jaringan komunikasi yang terdiri dari komputer dan peralatan yang saling berhubungan , peralatan tersebut satu sama lain terpisah secara geografis.
  • Local Area Networks (LAN), adalah  jaringan yang terdiri dari dua atau lebih kompter yang saling berhubungan dan mempunyai lokasi yang tidak berjauhan, misalanya dalam satu gedung, atau masih dalam lokasi gedung yang berdekatan.  Jantung darpada LAN adalah workstation, yaitu sebuah are desktop yang mempunyai tugas sebagai prosesor dan mempunyai layar pamer. Pada umumnya workstation yang digunakan pada LAN adalah micro computer-based, traditional workstation dan superworkstation.

Topologi Jaringan.
         Topologi adalah komputer dalam suatu jaringan dapat dihubungkan dan diatur sesuai dengan kebutuhan. Ada tiga jenis yaitu star topology, ring topology dan bus topology.

  • Star topology, yaitu dimana seluruh workstation dihubungkan ke server jaringan terpusat, yang biasanya berupa mikrokumputer maupun minicomputer.

  • Ring topology, yaitu  terdiri dari hubungan workstation dengan lingkaran tertutup.


  • Bus topology, yaitu jaringan sebanding (peer) yang terputus pada lingkaran (ring)

(Bersambung…)
… Daftar Kepustakaan

1. Efraim Turban, R. Kelly Rainer, Jr, Richard E. Potter, 2003, Introduction 
      to Information Technology, John Wiley and Sons, Inc

2. George H. Bodnar, William S. Hoopwood, 2004, Accounting Information 
      System , Prentice Hall

3. Joseph W. Wilkinson, Michael J. Cerullo, Vasant Raval, Bernard Wong-On Wing, 2000, Accounting Information  Systems, John Wiley and Sons, Inc
4. Marshall Romney, Paul Steinbart, 2006, Accounting Information  Systems,  Prentice Hall


Nah ,,,  . sharing belajar hari ini sampai disini dulu, berikutnya nanti akan lanjut ke analisa perancangan system yang lain. Semoga bermanfaat.




Terima kasih telah membaca artikel tentang Topologi Jaringan di blog Hini Club jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :