Powered by Blogger.

Sistem Proses Transaksi Secara Komputer

Sistem Proses Transaksi Secara Komputer

1. Sumber Masukan
         Pada Sistem Buku Besar secara manual, Buku Besar menerima masukan dari berbagai sistem proses transaksi. Ringkasan jumlah dari sistem-sistem tersebut dicatat pada jurnal voucher, yang merupakan alat untuk melakukan posting. Masukan lainnya adalah transaksi penyesuaian dan transaksi tidak rutin, yang masuk kedalam journal voucher , yang akan diposting ke Buku Besar.
Transaksi yang diposting ke Buku Besar dapat diklasifikasikan menjadi rutin, non rutin, penyesuaian, reversing (pembalik) dan entri penutup. Jenis-jenis adalah :
a.    Transaksi eksternal rutin, timbul selama periode akuntansi dari pertukaran dengan pihak yang independent dalam satu lingkungan. Misalnya penjualan secara kredit.
b.    Transaksi internal rutin, timbul selama periode akuntansi dari kegiatan aktivitas. Misalnya adalah transfer dari persediaan bahan baku ke persediaan pekerjaan dalam proses di sebuah perusahaan pabrikan .
c.    Transaksi non rutin biasanya tim bul dari  hal yang tidak umum yang terjadi pada suatu periode akuntansi. Misalnya penjualan hata tetap.
d.    Entri penyesuaian, biasanya terjadi pada akhir periode akuntansi, yang terdiri dari accrual, deferral, revaluasi dan perbaikan.
e.    Entri pembalik, dilakukan pada awal periode akuntansi dalam ragka membalik efek dari entri penyesuaian yang dibuat pada akhir suatu periode sebelumnya. Sebagai contoh adalah entri yang dibuat
     1 Januari 20xx, adalah untuk membalik entri yang dibuat
      31 Desember 20Xx, misalnya akrual untuk biaya gaji.
f.     Entri penutup, mentransfer jumlah didalam perkiraan sementara ke perkiraan modal, dan meninggalkan perkiraan sementara menjadi saldo nol.

2. Formulir untuk  Masukan
a.    Jurnal Voucher
Sumber dokumen utama dalam sistem Buku Besar adalah Jurnal Voucher, yang digunakan untuk berbagai jenis transaksi. Contoh Jurnal Voucher aada pada gambar Jurnal Voucher, yang berisi nomor, tanggal pembuatan jurnal, kode perkiraan, nama perkiraan, perkiraan yang didebet atau dikredit, nama dan tanda tangan yang membuat Jurnal , pihak yang menyetujui dan petugas yang melakukan posting ke Buku Besar. Seperti gambar berikut dibawah ini :

Entri Batch Jurnal Voucher


b. Masukan Orientasi Komputer
          Data dapat dimasukkan pada sistem yang berdasarkan komputer menggunakan formulir entri batch dan dapat pula dengan melalui layer yang telah dibentuk secara on-line. Entri batch Jurnal Voucher mengganti jurnal khusus. Pada Gambar Entri Batch Jurnal Voucher adalah contoh dari Entri Batch Jurnal Voucher yang terdiri dari tanggal, nomor batch, Jumlah Batch, Kode transaksi , nomor voucher, Keterangan Perkiraan, Nomor Perkiraan dan Jumlah Debit dan Kredit. 

Daftar Kepustakaan


1.     Efraim Turban, R. Kelly Rainer, Jr, Richard E. Potter, 2003, Introduction
      to Information Technology, John Wiley and Sons, Inc

2.     George H. Bodnar, William S. Hoopwood, 2004, Accounting Information
      System , Prentice Hall

3.     Joseph W. Wilkinson, Michael J. Cerullo, Vasant Raval, Bernard Wong-On Wing, 2000, Accounting Information  Systems, John Wiley and Sons, Inc

4.     Marshall Romney, Paul Steinbart, 2006, Accounting Information  Systems,  Prentice Hall
Terima kasih telah membaca artikel tentang Sistem Proses Transaksi Secara Komputer di blog Hini Club jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :