Powered by Blogger.

PROSES DATA

PROSES DATA
1. Proses harian.
         Proses data transaksi yang dilakukan harian secara komputer dapat dilihat pada Gambar Sistem Buku Besar secara manual . Ada kegiatan  harian yang memiliki volume yang tinggi, yaitu kegiatan penjualan, penerimaan uang, pembelian, pengeluaran uang maupun gaji, yang kemudian di posting ke Buku Besar. Sedangkan kegiatan non rutin dilakukan dengan membuat jurnal umum dan kemudian melalui file data entri jurnal akan diposting ke Buku Besar.

2. Proses entri penyesuaian pada akhir periode.
         Pada proses entri penyesuaian yang dilakukan pada setiap akhir periode akuntansi dapat dilihat pada Gambar Proses Entri Penyesuaian.
Proses Entri Penyesuaian
Dua jenis entri jurnal yang terlibat didalamnya adalah entri standard dan jurnal penyesuaian yang tidak berulang.  Jurnal entri yang standar yang mana transaksi dan jumlahnya dapat diprediksi oleh seorang akuntan dapat disimpan pada file on-line secara terus-menerus. Pada akhir periode, program komputer khusus akan mentransfer ke file data entri jurnal. Untuk transaksi yang tidak berulang, biasanya dibuatkan jurnal secara manual dan kemudian dimasukkan sebagai input dan dimasukkan kefile data entri jurnal, setelah dilakukan edit.  Kemudian Buku besar di up date dan dimasukkan ke dalam file jurnal voucher dan Buku Besar. Buku Besar dapat dicetak dan dikirim ke Bagian Akuntansi, demikian pula Daftar entri jurnal yang telah dicetak dikirim ke Bagian Akuntansi.

C. INFORMASI KELUARAN
        Informasi keluaran berupa Laporan Jurnal , Laporan Buku Besar, laporan keuangan dan laporan manajemen lainnya yang merupakan hasil dari sistem proses Buku Besar. Flow chart dari sistem persiapan keluaran pada akhir periode akuntansi yang berhubungan dengan Buku Besar dapat dilihat pada Gambar Flowchart persiapan keluaran pada akhir periode.
Flowchart persiapan keluaran pada akhir periode

Pada dunia usaha dewasa ini, kemampuan para akuntan di dalam melakukan analisa dan pengembangan sistem informasi akuntansi yang berbasis komputer sangatlah diperlukan. Pengembangan sistem informasi umumnya akan dilakukan oleh para akuntan bersama - sama dengan para sistem analis dan para programmer komputer dalam rangka perencanaan, perancangan sampai dengan implementasi sistem informasi akuntansi di perusahaan.


Semoga bermanfaat, kritik dan saran inbox me.


Daftar Kepustakaan

1.       Efraim Turban, R. Kelly Rainer, Jr, Richard E. Potter, 2003, Introduction
      to Information Technology, John Wiley and Sons, Inc

2.       George H. Bodnar, William S. Hoopwood, 2004, Accounting Information
      System , Prentice Hall

3.       Joseph W. Wilkinson, Michael J. Cerullo, Vasant Raval, Bernard Wong-On Wing, 2000, Accounting Information  Systems, John Wiley and Sons, Inc
4.       Marshall Romney, Paul Steinbart, 2006, Accounting Information  Systems,  Prentice Hall
Terima kasih telah membaca artikel tentang PROSES DATA di blog Hini Club jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :