Powered by Blogger.

STRUKTUR PENGENDALIAN INTERNAL (Lanjutan)

STRUKTUR PENGENDALIAN INTERNAL

Pengendalian Internal

(lanjutan...)
1.      Kegiatan Pengendalian, adalah kebijakan dan prosedur yang dibuat untuk membantu meyakinkan bahwa aktivitas perusahaan berjalan dengan baik. Aktivitas pengendalian terdiri dari aktivitas yang berhubungan dengan pelaporan keuangan dan aktifitas yang berhubungan dengan proses informasi
. Pada aktivitas yang berhubungan dengan pelaporan keuangan, langkah-langkah yang dilakukan antara lain adalah :
§  Rencana organisasi termasuk pemisahan wewenang dan tanggung jawab agar mengurangi kemungkinan terjadi penyelewengan yang dilakukan karyawan.
§  Suatu prosedur termasuk perancangan dan menggunakan dokumen dan catatan yang memadai untuk membantu meyakinkan  pada pencatatan transaksi dan kejadian yang benar.
§  Akses ke suatu harta diperbolehkan sesuai dengan otorisasi yang diberikan perusahaan.
§  Melakukan pemeriksaan dan review yang independen terhadap harta dan kemampuannya.
§  Pengendalian proses informasi dijalankan untuk memeriksa otorisasi yang benar, akurat dan lengkap untuk setiap transaksi.

2.      Informasi dan Komunikasi.  Informasi menunjuk pada sistem akuntansi perusahaan, yang terdiri dari metode dan pencatatan yang didirikan untuk mengidentifikasi, memasang, menganalisa, mengklasifikasi, mencatat transaksi perusahaan dan untuk memelihara akuntabilitas dari harta dan hutang yang berhubungan. Dalam sistem akuntansi, dokumentasi sangat penting. Prosedur dan perintah mengenai akuntansi harus ditulis pada manual prosedur akuntansi , baik dari dokumen yang diperlukan pada pencatatan jurnal, posting ke buku besar, sehingga samapai pada neraca lajur dan siap dibuat pelaporan keuangan dalam bentuk neraca dan laporan laba-rugi. Komunikasi berhubungan dengan memberikan penjelasan mengenai seluruh kebijakan dan prosedur yang berhubungan dengan pengendalian. Komunikasi yang baik membutuhkan komunikasi secara lisan, prosedur manual yang baik, manual kebijakan dan jenis lain dari dokumen.

3.      Monitoring, adalah komponen ke lima dari pengendalian internal, melibatkan proses yang sedang berjalan dan meningkatkan kualitas dari pengendalian internal dan melakukan tindakan koreksi jika diperlukan. Kualitas pengendalian dapat menurun apabila terjadi ketidak mampuan dalam melaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku, perubahan kondisi dan kesalahpahaman.

(Bersambung…)
Daftar Kepustakaan

1.   Efraim Turban, R. Kelly Rainer, Jr, Richard E. Potter, 2003, Introduction
      to Information Technology, John Wiley and Sons, Inc

2.   George H. Bodnar, William S. Hoopwood, 2004, Accounting Information
      System , Prentice Hall

3.   Joseph W. Wilkinson, Michael J. Cerullo, Vasant Raval, Bernard Wong-On Wing, 2000, Accounting Information  Systems, John Wiley and Sons, Inc
4.   Marshall Romney, Paul Steinbart, 2006, Accounting Information  Systems,  Prentice Hall



Nah ,,,  . sharing belajar hari ini sampai disini dulu, berikutnya nanti akan lanjut ke analisa perancangan system yang lain. Semoga bermanfaat.kami yang semangat membantu tugas pembukuan & bagian keuangan inbox ke Ulan - 087748246399
Terima kasih telah membaca artikel tentang STRUKTUR PENGENDALIAN INTERNAL (Lanjutan) di blog Hini Club jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :