Powered by Blogger.

Sistem Informasi Akuntansi

Sistem Informasi Akuntansi , terdiri dari kata “akuntansi”, “informasi” dan “sistem”. Akuntansi merupakan bahasa bisnis, yang merupakan suatu sistem informasi yang dapat menggunakan berbagai macam sistem operasi untuk dapat menghasilkan informasi keuangan yang relevan.
Definisi dari Sistem Informasi Akuntansi adalah suatu kesatuan struktur dalam suatu perusahaan
yang mempergunakan sumber-sumber fisik atau komponen lainnya untuk mengubah data ekonomi menjadi informasi akuntansi, yang bertujuan untuk memenuhi keinginan para pengguna informasi.

Sistem Informasi Akuntansi

           Sistem Informasi Akuntansi tidak hanya sistem yang ada di perusahaan yang berhubungan dengan data dan informasi. Dalam kenyataannya, Sistem Informasi Akuntansi merupakan sub- sistem dari sistem informasi yang lebih luas lagi dari seluruh informasi yang ada di perusahaan, yaitu Sistem Informasi Manajemen. Tujuan dari Sistem Informasi Manajemen adalah untuk membantu para manajer dalam suatu perusahaan untuk melakukan pengambilan keputusan yang berhubungan dengan tanggung jawabnya.

Sistem Informasi Manajemen memberikan informasi yang berguna untuk perencanaan dan pengendalian kegiatan perusahaan, baik dalam mengatur karyawan, membuat kebijakan dan peraturan dan lain-lain. Sistem Informasi Manajemen menggunakan data non-transaksi atau non-keuangan disamping data transaksi dan data keuangan yang ada.



(Bersambung…)
Daftar Kepustakaan

1.   Efraim Turban, R. Kelly Rainer, Jr, Richard E. Potter, 2003, Introduction
      to Information Technology, John Wiley and Sons, Inc

2.   George H. Bodnar, William S. Hoopwood, 2004, Accounting Information
      System , Prentice Hall

3.   Joseph W. Wilkinson, Michael J. Cerullo, Vasant Raval, Bernard Wong-On Wing, 2000, Accounting Information  Systems, John Wiley and Sons, Inc
4.   Marshall Romney, Paul Steinbart, 2006, Accounting Information  Systems,  Prentice Hall


Nah ,,,  . sharing belajar hari ini sampai disini dulu, berikutnya nanti akan lanjut ke analisa perancangan system yang lain. Semoga bermanfaat.kami yang semangat membantu tugas pembukuan & bagian keuangan inbox ke Ulan - 087748246399
Terima kasih telah membaca artikel tentang Sistem Informasi Akuntansi di blog Hini Club jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :