Siklus Pemasaran dan pengendaliannya - Proses Penagihan
Pada Pesanan
Penjualan/Sales Order (SO) yang diterima oleh petugas Bagian Marketing/
Penjualan yang kemudian dimasukkan data tersebut ke komputer. Pada saat melakukan
edit data, kemungkinan ada kesalahan data, maupun kesalahan pada saat entry. Edit data memerlukan informasi dari Master File Pelanggan, yaitu data mengenai nomor pelanggan, nama pelanggan, alamat pelanggan, telepon pelanggan, nama petugas pelanggan yang dapat dihubungi, batasan kredit pelanggan. Sedangkan Master File Persediaan Barang menginformasikan mengenai jumlah persediaan yang ada digudang, sehingga dapat diketahui akan Pesanan
edit data, kemungkinan ada kesalahan data, maupun kesalahan pada saat entry. Edit data memerlukan informasi dari Master File Pelanggan, yaitu data mengenai nomor pelanggan, nama pelanggan, alamat pelanggan, telepon pelanggan, nama petugas pelanggan yang dapat dihubungi, batasan kredit pelanggan. Sedangkan Master File Persediaan Barang menginformasikan mengenai jumlah persediaan yang ada digudang, sehingga dapat diketahui akan Pesanan
Pembelian Pelanggan dapat
dipenuhi atau tidak. Sedangkan Master File Pesanan Penjualan dibuka untuk
melakukan pengecekan kembali mengenai hal-hal yang berhubungan dengan
penagihan.Data tersebut kemudian diedit
dan dimasukkan ke dalam File Penagihan.
Apabila menurut Master File Piutang Usaha, perusahaan masih memiliki
piutang usaha ke Pelanggan tersebut lebih kecil dari batas kredit, maka Faktur
dapat disiapkan dan dapat dimasukkan ke dalam File Faktur. Faktur dan Daftar Faktur dapat dicetak, Faktur
dibuat 4 rangkap, dan distribusikan ke
Pelanggan, Bagian Piutang Usaha, Bagian Penjualan dan arsip. Ringkasan Piutang
Usaha dan Laporan Jumlah Batch Faktur
dilakukan perbandingan oleh akuntan Bagian Piutang Usaha.
Proses Pengiriman
Pada dijelaskan mengenai Pesanan
Penjualan (SO) yang diterima oleh petugas Bagian Marketing/ Penjualan yang
kemudian dimasukkan data tersebut ke
komputer. Edit data dilakukan dengan menggunakan informasi yang ada pada Master
File Persediaan Barang. Setelah selesai, data dimasukkan ke dalam File
Pengiriman dan melakukan cetak Surat Jalan /Delivery Order (DO). File
Preferensi Pengiriman berisi mengenai jasa pengiriman yang biasa digunakan oleh
perusahaan. Surat jalan dicetak 3 rangkap, 1 rangkap sebagai arsip, 2 rangkap
dikirim ke Pelanggan untuk ditandatangai, dan dikembalikan melalui Bagian
Pengiriman, untuk diserahkan ke Bagian Piutang Usaha dan Bagian Gudang.
(Bersambung…)
… Daftar
Kepustakaan
1. Efraim Turban, R. Kelly
Rainer, Jr, Richard E. Potter, 2003, Introduction
to Information Technology, John Wiley and
Sons, Inc
2. George H. Bodnar, William
S. Hoopwood, 2004, Accounting Information
System , Prentice Hall
3. Joseph W. Wilkinson,
Michael J. Cerullo, Vasant Raval, Bernard Wong-On Wing, 2000, Accounting
Information Systems, John Wiley and
Sons, Inc
4. Marshall Romney, Paul
Steinbart, 2006, Accounting Information
Systems, Prentice Hall
Nah
,,, . sharing belajar hari ini sampai
disini dulu, berikutnya nanti akan lanjut ke analisa perancangan system yang
lain. Semoga bermanfaat. kami yang semangat membantu tugas pembukuan & bagian keuangan inbox ke Ulan - 087748246399
Terima kasih telah membaca artikel tentang Proses Penagihan di blog Hini Club jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.