Powered by Blogger.

Siklus Produksi dan Pengendaliannya


          Siklus Produksi dan Pengendaliannya - Pengendalian produksi, pengendalian persediaan, akuntansi biaya dan akuntansi harta adalah fungsi – fungsi yang ada pada siklus produksi pada perusahaan pabrikan. Pada perusahaan yang bukan pabrikan, fungsi produksi biasanya tidak berada di perusahaan tersebut, tetapi terpisah atau berada di perusahaan lainnya.
Perusahaan dagang misalnya hanya menjual barang atau jasa dari hasil pembelian dari pihak lain, yang berkegiatan produksi. Dengan demikian prinsip dari pengendalian produksi sebenarnya terjadi diperusahaan manapun.

1. Pengendalian Produksi
          Sistem akuntansi biaya terfokus pada manajemen persediaan pabrikan, bahan baku, bahan dalam proses dan barang jadi. Job Costing adalah prosedur biaya yang didistribusikan  ke pekerjaan tertentu atau pesanan produksi tertentu. Hal ini memerlukan sistem pesanan produksi tertentu. Pada ProsesCosting, biaya dikompilasikan pada proses atau bagian setiap periode, yaitu setiap hari, setiap minggu atau setiap bulan. Pada akhir periode setiap biaya dalam suatu proses dibagi berdasarkan jumlah unit yang diproduksi untuk menentukan biaya rata-rata setiap unit. Proses costing digunakan pada saat tidak memungkinkan untuk mengidentifikasi pekerjaan atau produksi tertentu. Klasifikasi dari proses atau bagian dapat dibuat baik untuk keperluan distribusi biaya dan pelaporan produksi.

PRODUKSI JUST IN TIME (JIT)
          Produksi Just In Time digunakan untuk menjelaskan mengenai sistem produksi yang ada sebagian diproduksi hanya dibutuhkan pada operasi yang berikutnya.Pada Produksi Just In Time dengan menggunakan titik yaitu persediaan bahan baku, persediaan barang dalam proses dan persediaan  barang jadi adalah yang dapat dieliminir dalam proses produksi JIT, setelah dilakukan analisa operasi dengan dengan tingkat produksi yang konstan.
Pengendalian produksi

        Pengendalian produksi, pengendalian persediaan, akuntansi biaya dan akuntansi harta adalah fungsi – fungsi yang ada pada siklus produksi pada perusahaan pabrikan. Pada perusahaan yang bukan pabrikan, fungsi produksi biasanya tidak berada di perusahaan tersebut, tetapi terpisah atau berada di perusahaan lainnya.

        Sistem akuntansi biaya yang terfokus pada manajemen persediaan pabrikan, bahan baku, bahan dalam proses dan barang jadi.

        Pengendalian produksi melibatkan perencanaan dari barang produksi untuk diproduksi dan jadwal produksi untuk mencapai tingkat penggunaan sumber secara optimal. Sedangkan pengendalian persediaan tercapai melalui serentetan catatan persediaan dan laporan  yang memberikan informasi mengenai penggunaan persediaan, saldo persediaan, tingkat minimum dan maksimum dari persediaan. Reorder point adalah tingkat persediaan yang aman untuk memesan atau memproduksi tambahan jenis barang tertentu untuk menghindari adanya kekurangan persediaan.

        Produksi Just In Time digunakan untuk menjelaskan mengenai sistem produksi yang ada sebagian diproduksi hanya dibutuhkan pada operasi yang berikutnya.
 (Bersambung…)

Nah ,,,  . sharing belajar hari ini sampai disini dulu, berikutnya nanti akan lanjut ke analisa perancangan system yang lain. Semoga bermanfaat. kami yang semangat membantu tugas pembukuan & bagian keuangan inbox ke Ulan - 087748246399
Terima kasih telah membaca artikel tentang Siklus Produksi dan Pengendaliannya di blog Hini Club jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :