Powered by Blogger.

Kode Kelompok Perkiraan

Kode Kelompok Perkiraan

         Kode Perkiraan adalah daftar kode untuk perkiraan harta, hutang, modal, pendapatan dan biaya yang ada di perusahaan. Komposisi dari  kode perkiraan ditentukan oleh kebutuhan informasi baik pihak internal maupun eksternal perusahaan.Kebutuhan tersebut merupakan refleksi dari laporan keuangan dan laporan keuangan lainnya, dan perlu dirancang terlebih dahulu.
   
Sistem pengelompokan koding (  Kode Kelompok Perkiraan) dapat memberikan arti tambahan pada kode 
     perkiraan individu. Pada Gambar Kode Perkiraan Biaya di postingan sebelumnya , terlihat bahwa kode perkiraan Harta
     adalah 10000, dan terbagi menjadi Harta Lancar adalah 11000, Harta Tetap
     adalah 12000 dan Harta Tidak Berwujud adalah 13000. Harta Lancar terbagi
     menjadi beberapa perkiraan kelompok nya dengan kode perkiraan yang
     berkelompok, sehingga dapat memudahkan para pengguna baik yang
     melakukan pencatatan , auditor atau pihak lainnya yang terlibat .
Berikut gambar Kode Perkiraan 

Kode Perkiraan


         Sistem proses transaksi suatu perusahaan dapat dilakukan secara manual maupun secara komputerisasi. Kedua cara tersebut akan mempengaruhi sifat dari masukan, proses, keluaran, manajemen data dan pengendalian. Saat ini kebanyakan perusahaan memproses transaksinya menggunakan sistem komputer.
         Buku Besar merupakan titik pertemuan dari siklus proses transaksi dan sistem. Transaksi dari seluruh siklus dan sistem di posting ke Buku Besar baik secara manual maupun secara komputerisasi. Buku Besar memberikan struktur Kode Perkiraan (Chart of Account), yang merupakan kombinasi antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajerial.

Nah. , Kode Perkiraan ini merupakan bagian dari mempelajari Sistem Informasi Akuntansi yang merupakan komponen penting untuk tahap audit khusunya, Pengetahuan  dan pengertian mengenai Sistem Informasi Akuntansi yang berbasis komputer dapat dilengkapi dengan kemampuan melakukan analisa dan pengembangan sistem informasi akuntansi, baik dalam perencanaan, perancangan sampai dengan implementasi sistem informasi. Pada dunia usaha dewasa ini, kemampuan para akuntan didalam melakukan analisa dan pengembangan sistem informasi akuntansi yang berbasis komputer sangatlah diperlukan. Pengembangan sistem informasi umumnya akan dilakukan para akuntan bersama-sama dengan para sistem analis dan para programmer komputer dalam rangka perencanaan , perancangan sampai dengan tahap terakhir yaitu sebelum evaluasi sistem diantaranya implementasi sistem informasi akuntansi.

‘ . Daftar Kepustakaan: 
Efraim Turban, R. Kelly Rainer, Jr, Richard E. Potter, 2003, Introduction
      to Information Technology, John Wiley and Sons, Inc
George H. Bodnar, William S. Hoopwood, 2004, Accounting Information
      System , Prentice Hall

Nah ,,,  . sharing belajar hari ini sampai disini dulu, berikut nya nanti akan lanjut ke analisa perancangan system yang lain. Berminat untuk membuat chart of account or prosedur system informasi akuntansi segera inbox ke 087748246399 .  Semoga bermanfaat.


Terima kasih telah membaca artikel tentang Kode Kelompok Perkiraan di blog Hini Club jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :