Powered by Blogger.

Siklus Pendapatan dan Penerimaan


          Pada perusahaan yang mengimplementasikan proses transaksi menggunakan komputer, dapat  dilakukan secara on-line ataupun secara sistem batch. Pada pengembangan sistem, dapat dikombinasikan antara batch dan on-line, yang mana struktur databasenya  telah dibuat. Keuntungan pengembangan ini adalah untuk mengurangi kesalahan input, lebih cepat, proses transaksi penjualan lebih efisien, informasi menjadi lebih up to date, dan mengurangi penggunaan kertas.

B. SISTEM PROSES PENJUALAN KREDIT
           Pada proses transaksi penjualan, kita bagi menjadi tiga bagian yaitu pemesanan, pengiriman dan penagihan. Pada sistem on-line ataupun batch, setiap kegiatan akan dimulai dengan memasukkan data (data entry) ke dalam komputer, proses data dan akhirnya menjadi data keluaran.

Proses Pemesanan
          Pada proses pembuatan Pesanan Penjualan (Sales Order) yang dimulai dari diterimanya Pesanan  Pembelian
(Purchase Order) dari Pelanggan, yang dimasukkan secara on-line pada terminal / komputer segera setelah diterima oleh petugas di Bagian Marketing/ Penjualan. Pada saat melakukan edit data, kemungkinan ada kesalahan data, maupun kesalahan pada saat entry, sehingga perlu diperbaiki. Edit data memerlukan informasi dari Master File Pelanggan, yaitu data mengenai nomor pelanggan, nama pelanggan, alamat pelanggan, telepon pelanggan, nama petugas pelanggan yang dapat dihubungi, batasan kredit pelanggan.
Sedangkan Master File Piutang Usaha memiliki data mengenai status Piutang Pelanggan pada saat ini, dibandingkan dengan batasan kredit dan Pesanan Pembelian Pesanan Pembelian Pelanggan, sehingga dapat dilihat apakah proses pembuatan Pesanan Penjualan /Sales Order (SO) dapat dilanjutkan atau tidak. Sedangkan Master File Persediaan Barang menginformasikan mengenai jumlah persediaan yang ada digudang, sehingga dapat diketahui akan Pesanan Pembelian Pelanggan dapat dipenuhi atau tidak. Apabila Proses Pesanan Penjualan telah selesai kemudian dimasukkan ke dalam file, maka dapat dicetak 4 rangkap dan didistribusikan ke Bagian Penagihan, Bagian Gudang, Bagian Piutang Usaha dan untuk arsip.
(Bersambung…)
Daftar Kepustakaan

1.   Efraim Turban, R. Kelly Rainer, Jr, Richard E. Potter, 2003, Introduction
      to Information Technology, John Wiley and Sons, Inc

2.   George H. Bodnar, William S. Hoopwood, 2004, Accounting Information
      System , Prentice Hall

3.   Joseph W. Wilkinson, Michael J. Cerullo, Vasant Raval, Bernard Wong-On Wing, 2000, Accounting Information  Systems, John Wiley and Sons, Inc
4.   Marshall Romney, Paul Steinbart, 2006, Accounting Information  Systems,  Prentice Hall



Nah ,,,  . sharing belajar hari ini sampai disini dulu, berikutnya nanti akan lanjut ke analisa perancangan system yang lain. Semoga bermanfaat. kami yang semangat membantu tugas pembukuan & bagian keuangan inbox ke Ulan - 087748246399
Terima kasih telah membaca artikel tentang Siklus Pendapatan dan Penerimaan di blog Hini Club jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :