SIKLUS TRANSAKSI PEMBELIAN
Alur dokumen siklus transaksi
pembelian dimulai pada saat Pemohon menyiapkan Permintaan Pembelian (
Purchase Requisition) yang dapat dilihat pada Gambar 9-4,dan diserahkan ke
Bagian Pembelian untuk selanjutnya diproses dan disetujui. Setelah memilih Pemasok yang sesuai
dengan kriteria perusahaan, Bagian pembelian akan menyiapkan Pesanan Pembelian
dengan kriteria perusahaan, Bagian pembelian akan menyiapkan Pesanan Pembelian
(Purchase
Order) dan diserahkan kepada Pemasok yang terpilih.
Berikut alur siklus transaksi
pembellian diantaranya :
Permintaan Pembelian
Pesanan Pembelian
Flowchart
Siklus Biaya secara manual
Flowchart Siklus Biaya secara manual
Laporan Penerimaan Barang
Pada, flowchart siklus transaksi pembelian dilakukan
secara manual. Pemasok akan menyiapkan barang yang dipesan, disertai dengan
Surat Jalan ( Delivery Order) dan Faktur untuk dikirim. Faktur akan diterima oleh Bagian Hutang Usaha,
Barang beserta Surat Jalan akan diterima oleh Bagian Penerimaan atau Bagian
Gudang. Setelah dilakukan pengecekan barang baik secara jumlah, jenis barang
dan kondisi, maka Bagian Penerimaan atau Gudang akan membuat Laporan Penerimaan
Barang
(Receiving Report) sebanyak 4 rangkap, yaitu rangkap 1:
dikirim ke Bagian Pembelian, rangkap 2: dikirim ke Pemohon (dalam hal ini
Bagian Gudang), rangkap 3 ke Bagian Hutang Usaha dan rangkap 4 sebagai arsip.
Berdasarkan Laporan Penerimaan Barang tersebut, dibuat
Laporan Gudang atau Persediaan Barang.
Bagian Hutang Usaha akan mencatat transaksi dalam bentuk Jurnal
Pembelian berdasarkan dokumen Pesanan Pembelian, Laporan Penerimaan Barang dan
Faktur yang diterimanya. Jurnal akan diposting ke Buku Besar dan selanjutnya
menjadi Laporan Keuangan.
Siklus Biaya adalah kegiatan yang berhubungan dengan pembelian barang atau bahan baku ke Pemasok yang telah
dipilih berdasarkan kriteria perusahaan , pengiriman barang dari Pemasok ke
Gudang perusahaan dan pembayaran atas pembelian tersebut sesuai dengan jadwal
yang telah ditentukan. Pada Siklus Biaya terdapat dua sub
sistem, yaitu sistem proses pembelian dan sistem pembayaran. Tujuan dari siklus biaya dalam untuk
memberi fasilitas mengenai adanya pertukaran uang dengan pemasok dengan barang atau bahan baku yang
dibutuhkan.
Hubungan antar bagian dalam perusahaan
yang berkaitan
dengan siklus proses transaksi biaya pada umumnya adalah Bagian Logistik dan
Bagian Akuntansi dan Keuangan.
Pada perusahaan dagang, tujuan fungsi manajemen persediaan
barang adalah untuk mengatur persediaan
barang yang diperlukan untuk dijual, sedangkan untuk perusahaan pabrikan,
aktivitas yang terlibat adalah mengenai manajemen persediaan barang dan bahan
baku, dan bekerja sama dengan Bagian Produksi. Manajemen persediaan barang meliputi
pembelian, penerimaan dan penyimpanan.
Tujuan
dari manajemen keuangan dan akuntansi berhubungan dengan dana, data, informasi,
perencanaan dan pengendalian sumber-sumber. Dalam kaitannya dengan siklus biaya
, tujuannya akan terbatas pada perencanaan dan pengendalian uang, data yang
berhubungan dengan pembelian, perkiraan pemasok, pengendalian persediaan dan
informasi uang, pembelian dari para pemasok.
(Bersambung…)
… Daftar Kepustakaan
1. Efraim
Turban, R. Kelly Rainer, Jr, Richard E. Potter, 2003, Introduction
to Information Technology, John Wiley and
Sons, Inc
2. George
H. Bodnar, William S. Hoopwood, 2004, Accounting Information
System , Prentice Hall
Nah
,,, . sharing belajar hari ini sampai
disini dulu, berikutnya nanti akan lanjut ke analisa perancangan system yang
lain. Semoga bermanfaat.kami yang semangat membantu tugas pembukuan & bagian keuangan inbox ke Ulan - 087748246399
Terima kasih telah membaca artikel tentang SIKLUS TRANSAKSI PEMBELIAN di blog Hini Club jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.