Powered by Blogger.

SIKLUS TRANSAKSI PEMBELIAN

SIKLUS TRANSAKSI PEMBELIAN
        Alur dokumen siklus transaksi pembelian  dimulai pada saat  Pemohon menyiapkan Permintaan Pembelian ( Purchase Requisition) yang dapat dilihat pada Gambar 9-4,dan diserahkan ke Bagian Pembelian untuk selanjutnya diproses dan disetujui. Setelah memilih Pemasok yang sesuai
dengan kriteria perusahaan, Bagian pembelian akan menyiapkan Pesanan Pembelian
(Purchase Order) dan diserahkan kepada Pemasok yang terpilih.
         Berikut alur siklus transaksi pembellian diantaranya :                                       
Permintaan Pembelian
Pesanan Pembelian
Flowchart Siklus Biaya secara manual
Flowchart Siklus Biaya secara manual
Laporan Penerimaan Barang
TRANSAKSI PEMBELIAN

Pada, flowchart siklus transaksi pembelian dilakukan secara manual. Pemasok akan menyiapkan barang yang dipesan, disertai dengan Surat Jalan ( Delivery Order) dan Faktur untuk dikirim. Faktur  akan diterima oleh Bagian Hutang Usaha, Barang beserta Surat Jalan akan diterima oleh Bagian Penerimaan atau Bagian Gudang. Setelah dilakukan pengecekan barang baik secara jumlah, jenis barang dan kondisi, maka Bagian Penerimaan atau Gudang akan membuat Laporan Penerimaan Barang
(Receiving Report) sebanyak 4 rangkap, yaitu rangkap 1: dikirim ke Bagian Pembelian, rangkap 2: dikirim ke Pemohon (dalam hal ini Bagian Gudang), rangkap 3 ke Bagian Hutang Usaha dan rangkap 4 sebagai arsip.
Berdasarkan Laporan Penerimaan Barang tersebut, dibuat Laporan Gudang atau Persediaan Barang.  Bagian Hutang Usaha akan mencatat transaksi dalam bentuk Jurnal Pembelian berdasarkan dokumen Pesanan Pembelian, Laporan Penerimaan Barang dan Faktur yang diterimanya. Jurnal akan diposting ke Buku Besar dan selanjutnya menjadi Laporan Keuangan.

          Siklus Biaya adalah kegiatan yang berhubungan dengan pembelian barang atau bahan baku ke Pemasok yang telah dipilih berdasarkan kriteria perusahaan , pengiriman barang dari Pemasok ke Gudang perusahaan dan pembayaran atas pembelian tersebut sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.  Pada Siklus Biaya terdapat dua sub sistem, yaitu sistem proses pembelian dan sistem pembayaran. Tujuan dari siklus biaya dalam untuk memberi fasilitas mengenai adanya pertukaran uang dengan pemasok  dengan barang atau bahan baku yang dibutuhkan.

          Hubungan antar bagian dalam perusahaan yang berkaitan dengan siklus proses transaksi biaya pada umumnya adalah Bagian Logistik dan Bagian Akuntansi dan Keuangan.

          Pada perusahaan dagang, tujuan fungsi manajemen persediaan barang  adalah untuk mengatur persediaan barang yang diperlukan untuk dijual, sedangkan untuk perusahaan pabrikan, aktivitas yang terlibat adalah mengenai manajemen persediaan barang dan bahan baku, dan bekerja sama dengan Bagian Produksi. Manajemen persediaan barang meliputi pembelian, penerimaan dan penyimpanan.

          Tujuan dari manajemen keuangan dan akuntansi berhubungan dengan dana, data, informasi, perencanaan dan pengendalian sumber-sumber. Dalam kaitannya dengan siklus biaya , tujuannya akan terbatas pada perencanaan dan pengendalian uang, data yang berhubungan dengan pembelian, perkiraan pemasok, pengendalian persediaan dan informasi uang, pembelian dari para pemasok.
(Bersambung…)
… Daftar Kepustakaan

1.   Efraim Turban, R. Kelly Rainer, Jr, Richard E. Potter, 2003, Introduction
      to Information Technology, John Wiley and Sons, Inc
2.   George H. Bodnar, William S. Hoopwood, 2004, Accounting Information
      System , Prentice Hall


Nah ,,,  . sharing belajar hari ini sampai disini dulu, berikutnya nanti akan lanjut ke analisa perancangan system yang lain. Semoga bermanfaat.kami yang semangat membantu tugas pembukuan & bagian keuangan inbox ke Ulan - 087748246399
Terima kasih telah membaca artikel tentang SIKLUS TRANSAKSI PEMBELIAN di blog Hini Club jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :