Powered by Blogger.

Sistem Buku Besar secara manual

Proses Transaksi dan Siklus Buku Besar
+ Apa itu SISTEM PROSES TRANSAKSI

         Sistem proses transaksi suatu perusahaan dapat dilakukan secara manual maupun secara komputerisasi . Kedua cara tersebut akan mempengaruhi sifat dari masukan , proses , keluaran , manajemen data dan pengendalian.

1.       Sistem proses transaksi secara manual
       Alur data transaksi dari dokumen ke jurnal dapat dilihat pada Gambar disamping 
Sistem Buku Besar secara manual

Dokumen yang ada mencakup  Faktur, Laporan Penerimaan Uang, Faktur Pemasok, Laporan Pengeluaran Uang , Daftar Gaji dan dokumen lainnya , dimana keseluruhan dokumen tersebut adalah termasuk dalam Siklus Penjualan , Siklus Penerimaan Uang, Siklus Pembelian , Siklus Pengeluaran Uang dan Siklus Sumber Daya Manusia . Pembuatan Jurnal berdasarkan transaksi yang ada dikelompokkan, Jurnal Khusus ( Penjualan, Penerimaan Uang, Pembelian , Pengeluaran Uang) , untuk transaksi yang rutin, sedangkan Jurnal Umum untuk transaksi umum atau yang tidak rutin.

2. Sistem proses transaksi secara komputer
          Saat ini kebanyakan perusahaan memproses transaksinya menggunakan sistem komputer. Pada Gambar di samping
Sistem Buku Besar secara komputer
menggambarkan mengenai sistem proses Buku Besar secara komputer. Arsitek sistem komputer disetiap perusahaan berbeda, tergantung dari sumber dan kebutuhan dari setiap perusahaan Keuntungan - keuntungan  dan perbedaan pada sistem Buku Besar secara komputerisasi itu diantaranya :
a.       Data transaksi dapat diambil dengan menggunakan peralatan elektronik dan disimpan  pada media magnetik, tidak disimpan dalam bentuk dokumen cetakan ( hard copy).
b.      Data transaksi dapat diperiksa dengan menggunakan program edit, agar dapat menemukan kesalahan dan menghindari kesalahan,tidak dengan menggunakan petugas.
c.       Penambahan data dapat dengan mudah diambil, agar dapat diidentifiasi oleh petugas atau bagian di perusahaan.
d.      Transaksi dapat mudah diposting ke Buku Besar, dibandingkan diposting dengan dilakukan  oleh petugas dengan cara manual.
e.       Proses transaksi, termasuk ringkasan jurnal, Buku Besar dan jumlah Neraca Lajur dapat dikerjakan secara cepat dengan tingkat kesalahan yang kecil.
f.       Laporan keuangan dan laporan lain nya dan disiapkan secara cepat dan kapan saja pada periode akuntansi, dan tidak menunda sampai dengan akhir periode .
g.      Perincian daftar jurnal dan Buku Besar yang menggambarkan transaksi individu dapat dicetak kapan saja.
h.      Permintaan pembuatan laporan dapat segera disajikan dengan menggunakan data transaksi yang disimpan dalam program komputer.
i.        Laporan manajerial dan analisa dapat dengan mudah disiapkan dengan menggunakan file atau tabel yang telah disimpan dalam program komputer.

Daftar Kepustakaan
1.       Efraim Turban, R. Kelly Rainer, Jr, Richard E. Potter, 2003, Introduction
      to Information Technology, John Wiley and Sons, Inc
2.       George H. Bodnar, William S. Hoopwood, 2004, Accounting Information
      System , Prentice Hall


Nah ,,,  . sharing belajar hari ini sampai disini dulu, berikutnya nanti akan lanjut ke analisa perancangan system yang lain. Masih membahas tentang proses transaksi dan siklus buku besar tentunya. Semoga bermanfaat. 
Terima kasih telah membaca artikel tentang Sistem Buku Besar secara manual di blog Hini Club jika anda ingin menyebar-luaskan artikel ini dimohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :